Monday, June 15, 2015

Manfaat Buah Arbei Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Arbei Bagi Kesehatan Buah Arbei sangat jarang kita konsumsi, padahal sebenarnya buah ini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan Anda. Buah ini memmiliki nama latin Fragaria Vesca atau dikenal juga dengan sebutan Strawberry alpine (Strawberry kecil). Kalau dilihat sepintar buah ini memang mirip dengan stroberi, karena memiliki warna merah tapi memiliki ukuran yang relatif lebih kecil.

Lalu apa saja sih yang terkandung didalam buah Arbei? berdasarkan data dari Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), disetiap 100 gram arbei terkandung energi sebanyak 37 kkal, protein 0.8 g, lemak 0.5 mg, karbohidrat 8.3 g, asam folat 30 mcg, kalsium 28mg, fosfor 27 mg, Fe 0.8mg, vitamin A 60 SI, vitamin B1 0.0003 mg, dan air 89.9 g.

Selain kandungan diatas, masih ada kandungan lainnya yang ada didalam buah arbei yaitu Saponin yaitu glikosida yang pada umumnya berada didalam tubuhan, Favonoida (silimarin) yang  merupakan senyawa kimia aktif yang dapat mengobati penyakit hati, ada juga polifenol untuk antioksidan dan memiliki anti bakteri serta vitamin C.

Khasiat dan Manfaat buah Arbei

Kandungan-kandungan yang dimiliki oleh buah arbei tersebut ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Nah, berikut ini manfaatnya bagi kesehatan.

  •     Untuk mengobati sariawan, caranya 10 gram buah segar arbei dicuci, lalu dimakan sekaligus.
  •     Mampu membantu melawan kanker, karena kandungan antioksidannya
  •     Mengobati maag. untuk mengobati maag cukup jadikan buah arbei ini menjadi jus
  •     Membantu melawan tifus
  •     Meringankan gejala diare


Arbei ini adalah buah yang banyak mengandung antioksidan (vitamin A dalam bentuk beta-karoten, vitamin C dan juga vitamin E). Kandungan tersebut membuatnya berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh karena bisa menetralkan radikal bebas yang sering menimbulkan gangguan di dalam tubuh. Buah Arbei juga bisa melindungi tubuh dari infeksi.

Buah arbei juga sebagai sumber tenaga bagi tubuh karena kaya akan vitamin dan mineral. Jumlah vitamin C yang terdapat di dalamya sebanyak 60 mg sehingga setara dengan kebutuhan harian Anda. Selain itu walaupun kandungan vitamin C tinggi, Arbei tidak memiliki efek samping bagi lambung.

No comments:

Post a Comment