Tuesday, June 23, 2015

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Buah anggur yang sangat manis dan sering kita konsumsi ternyata mempunyai manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi tubuh kita. Dalam buah anggur tekandung zat-zat yang mampu mengobati berbagai penyakit.

 Jika mendengar kata buah anggur pasti akan terbayang rasanya yang sangat enak. Selain rasanya enak buah anggur ini banyak digemari karena bentuknya yang unik. Selain itu buah anggur memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berbagai manfaat bisa didapatkan dari buah anggur untuk kesehatan tubuh. 

 Sebelum menjelaskan tentang manfaat buah anggur bagi kesehatan, sekilas akan dijelaskan terlebih dahulu tentang buah anggur sendiri. Buah anggur atau nama ilmiahnya vitis vinifera L. merupakan tumbuhan dari keluarga vitaceae dan ordo rhamnales. Anggur termasuk kedalam tanaman perdu merambat sehingga butuh penopang atau tiang dalam proses pertumbuhannya. Buah anggur ini bisa langsung dimakan atau bisa juga diolah. Buah anggur pada awalnya dibudidayakan di Timur tengah yaitu oleh Mesir sebagai minuman. Dan seiring perkembangan jaman buah anggur banyak dibudidayakan serta dioleh menjadi berbagai macam olahan di seluruh dunia mulai dari minuman, minyak atau lainnya. 

 Menginjak pada pokok permasalahan yaitu mengenai manfaat buah anggur bagi kesehatan. Buah anggur ini memang mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal ini tidak terlepas dari unsur kandungan nutrisi serta berbagai zat dalam buah anggur. Kandungannya antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin C, vitamin K, energi, protein, serat, gula, lemak, karbohidrat, seng, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, mangan, fosfor, natrium. Dari berbagai kandungan tersebut, maka buah anggur mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

  Berikut beberapa khasit dari zat dalam buah anggur bagi kesehatan  

1. Zat tanin bekerja dalam sistem pencernaan, sirkulasi darah berfungsi untuk  menyerang virus.
2. Zat flavonoid yang berkhasiat untuk sebagai antioksidan dan mencegah atherosclerosis.
3. Zat besi yang berkhasiat membantu pembentukan seldarah merah(haemoglobin).

  Selain itu buah anggur juga berkhasiat untuk:

1. Mengatasi Migrain
 Migrain adalah sebutan lain dari sakit kepala sebelah. Migrain ini efeknya hampir sama dengan sakit kepala pada umumnya yang membedakan hanyalah daerah sakitnya hanya sebelah. Jika mengalami penyakit migrain coba atasi dengan minum jus buah anggur. Buah anggur ini memiliki kandungan yang bisa mengatasi masalah migrain. Jus buah anggur yang dibuat janganlah ditambahkan air supaya zat yang terkandung dalam buah anggur cepat diserapnya dan masalah migrain cepat teratasi.

2. Mencegah Penyakit Jantung
 Mengonsumsi buah anggur secara rutin dapat mencegah terkena penyakit jantung. Antioksidan dalam buah anggur dapat mencegah terjadinya penghambatan dalam pembuluh darah sehingga aliran darah dapat berjalan secara normal. Sementara oksida nitrat dalam buah anggur juga bermanfaat mencegah serta mengurangi serangan jantung.

3. Menyehatkan Ginjal
 Buah anggur juga jika dikonsumsi secara rutin ternyata mampu menjaga serta menyehatkan organ ginjal. Ginjal ini jika mengalami masalah apalagi sudah sampai kronis harus dilakukan operasi. Maka dari itu jagalah ginjal kita agar tetap sehat dan salah satunya dengan mengonsumsi buah anggur. Buah anggur ini akan membantu mengurangi asam pada ginjal sehingga ginjal tetap sehat.

4. Menjadikan Gigi Putih
 Ingin gigi menjadi putih tanpa perlu ke dokter yang pastinya mengeluarkan biaya yang mahal?. Caranya cukup gampang dan mudah sekali. Konsumsilah buah anggur yang sudah matang secara rutin diyakini mampu menjadikan gigi putih. Buah anggur ini memiliki senyawa asam malat yang mampu mengatasi serta menghilangkan noda pada gigi.

5. Mencegah Kerontokan Rambut
 Antioksidan yang terdapat pada buah anggur juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Antioksidan ini dapat melancarkan aliran darah ke kulit kepala secara normal sehingga rambut tetap sehat dan tentunya terbebas dari berbagai masalah terutama masalah kerontokan.

6. Menyehatkan Kulit
 Buah anggur memiliki berbagai kandungan nutrisi serta zat-zat yang bermanfaat bagi kulit. Jika sering mengonsumsi buah anggur bahkan menjadikan buah anggur sebagai bagian dari buah yang dikonsumsi setiap hari dapat menjaga serta menyehatkan kulit. Berbagai masalah kulit dapat teratasi dengan mengonsumsi buah anggur seperti mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, menghaluskan kulit, mengatasi jerawat dan lainnya.

No comments:

Post a Comment